Pendidikan Karakter Segera Diterapkan

Kamis, 05 Mei 2011

JAKARTA - Pemerintah berencana menerapkan pendidikan karakter mulai tahun ajaran baru 2011/2012 pada Juni/Juli mendatang.

”Materi tersebut akan diberikan mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) sampai dengan perguruan tinggi,” Mendiknas Moh Nuh seusai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2011 di Kemdiknas Jakarta, Senin (2/5).

Menurutnya, bentuk pendidikan karakter diwujudkan mulai dari kurikulum sampai dengan membangun kultur budaya di sekolah. Pendidikan karakter bukan hanya diajarkan melalui papan tulis, tetapi melalui pembudayaan.
”Pendidikan karakter jangan sampai terjebak hanya pada ranah kognitif. Pendidikan karakter harus diterjemahkan dalam ranah perilaku,” ujarnya.

Mendiknas menegaskan, materi pendidikan karakter juga akan diberikan pada pendidikan nonformal dan informal. Targetnya, semua sekolah harus menggunakan.

Kesantunan

Menurutnya, pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya adalah hal yang sangat penting. Karakter yang ingin dibangun bukan hanya berbasis atas kemuliaan diri semata, tetapi kemuliaan sebagai bangsa. ''Karakter yang ingin kita bangun bukan hanya kesantunan. Secara bersamaan, kita bangun karakter yang mampu menumbuhkan kepenasaranan intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi,” tandasnya.

Konsep pendidikan karakter telah disiapkan sejak tahun lalu. Dalam pendidikan karakter, kata dia, ada tiga kelompok, yaitu tumbuhnya kesadaran peserta didik sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa, tumbuhnya kepenasaran intelektual untuk membangun keilmuan, dan tumbuhnya rasa bangga dengan cara berprestasi. Dari kegemaran berprestasi itu, lanjutnya, akan muncul kebanggaan sebagai orang Indonesia. (H28-37)
Dikutip dari Suara Merdeka, Selasa, 3 Mei 2011

0 comments:

Posting Komentar

 
 
 
>